Inovasi pendidikan untuk kegiatan belajar yang lebih efektif - Clobas Indonesia

Inovasi pendidikan untuk kegiatan belajar yang lebih efektif

inovasi pendidikan

Inovasi pendidikan sangat diperlukan dalam menyambut era global seperti saat ini. inovasi pendidikan adalah suatu ide atau metode yang dirasakan sebagai hal yang baru dan digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau untuk memecahkan masalah pendidikan. Inovasi pendidikan perlu dikembangkan dari segala aspek baik dari sistem pendidikan, sarana prasarana dan metode pembelajaran.

Salah satu komponen yang paling sangat berperan dalam memberikan inovasi pendidikan adalah pemerintah. Pemerintah harus mengetahui segala permasalahan yang ada di dunia pendidikan dengan menciptakan inovasi berdasarkan masalah yang ada di lapangan. Karena pemerintah punya wewenang penuh dalam memberikan keputusan hingga pembuatan sistem pendidikan. Hal ini akan lebih mudah dalam penerapan inovasi pendidikan, karena setiap instansi sekolah akan mengikuti setiap arahan dan keputusan dari pemerintah pusat. Cara ini bisa juga kita sebut dengan top down inovation, dimana keputusan pemerintah adalah hal yang mutlak dan harus di ikuti semua instansi.

Selain itu, dalam inovasi pendidikan terkadang tidak harus menunggu adanya keputusan dari pemerintah. Pihak sekolah bisa memulai dengan hal kecil agar inovasi pendidikan dapat terwujud. Demi memcahkan masalah pendidikan yang ada di lingkungannya, jajaran petinggi sekolah terkadang mencari cara agar permasalahan sekolah mereka bisa terselesaikan, tanpa harus menunggu keputusan dari pemerintah. Seperti dalam hal memberikan materi pelajaran, tak sedikit instansi sekolah mengubah metode mereka dalam mengajar tentunya tetap dengan tujuan yang sama dan tidak menyalahi aturan pemerintah. Cara seperti ini bisa juga di sebut bottom up inovation, karena terlalu lama menunggu keputusan dari pemerintah pusat, pihak sekolah mengembil keputusan untuk merubah metode pembelajaaran tentunya dengan kesepakatan semua elemen yang ada di sekolah.

Pada intinya, inovasi pendidikan diperlukan untuk mengurangi masalah yang ada di sekolah. Melibatkan peran teknologi adalah salah satu cara untuk mewujudkan inovasi pendidikan. Salah satu peran teknologi yang sangat dibutuhkan saat ini adalah untuk menangani permasalahan manajemen yang ada di sekolah. CLOBAS adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu mempermudah aktivitas manajemen disekolah. Tersedia puluhan modul yang terangkum dalam satu platform untuk membantu aktivitas sekolah agar lebih cepat dan efektif.

Leave a Comment