Bolos sekolah menjadi kendala yang tidak ada ujungnya

  • Bolos sekolah
Bolos sekolah

Bolos sekolah menjadi kendala yang tidak ada ujungnya

Bolos sekolah seakan menjadi permasalahan bagi institusi sekolah yang tidak ada ujungnya. Pada zaman seperti ini, kenakalan seorang siswa sudah tidak bisa terbendung lagi. Beberapa dari mereka seakan sudah tidak memiliki ketakutan sama sekali dengan apa yang sudah diperbuatnya. Bolos sekolah adalah salah satu dari kenakalan anak remaja saat ini.

Banyak faktor yang menyebabkan siswa lebih memilih bolos sekolah daripada mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sejatinya Sekolah bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, mencari keberadaan siswanya, berkomunikasi dengan orang tua, dan memastikan bahwa semua kebijakan di sekolah tersebut jelas, sesuai, dan telah disampaikan. Beberapa hal yang dapat menyebabkan pembolosan di sekolah meliputi:

  • Kebutuhan siswa yang tidak terpenuhi
  • Kesulitan memahami materi pelajaran
  • Pengaruh dari lingkungan
  • Ketakutan karena ada ancaman atau tindakan yang kurang menyenangkan seperti bullying

Tapi terkadang sekolah sering menyatakan bahwa pengawasan dalam keluarga dan di rumah sebagai penyebab dari siswa yang bolos sekolah. Remaja yang bolos sekolah sering melaporkan masalahnya ke sekolah sebagai penyebab dari pembolosan misalnya, hubungan yang buruk dengan guru, kelas yang membosankan, dan kurangnya minat di sekolah.

Akan tetapi pihak sekolah dapat mencegah hal ini agar tidak terjadi, meskipun tidak menuntaskan permasalahan setidaknya sudah meminimalisir banyaknya siswa untuk bolos sekolah. Peran sekolah dimulai dengan menjelaskan tentang kebijakan kehadiran siswa di sekolah secara jelas dan menjunjung tinggi kebijakan tersebut.

Sekolah juga perlu menyimpan catatan yang tepat, mengkomunikasikan masalah kepada orang tua, dan bekerja untuk memperbaiki kondisi yang buruk di sekolah. Data kondisi siswa bisa kita dapatkan dengan berbagai cara salah satunya menggunakan bantuan teknologi. Seperti sistem aplikasi CLOBAS yang dapat memantau kehadiran siswa secara real time dan juga dapat melihat nilai-nilai siswa tanpa menunggu pembagian rapot. Pada intinya pihak sekolah dan orang tua harus saling bekerjasama dalam memonitor anaknya.