Aplikasi Belajar yang Sangat Membantu Sistem Pembelajaran di Rumah

Aplikasi belajar

Aplikasi belajar sangat dibutuhkan ketika sistem pembelajaran terpaksa harus dialihkan kerumah karena kondisi tertentu. Karena para guru dan murid tidak bisa bertemu langsung di sekolah, otomatis sistem pembelajaran akan menjadi tidak efektif. Terkendala jarak menjadi factor utama penyebab kurang efektifnya sistem pembelajaran.

Peran teknologi sangat dibutuhkan untuk mengurangi kurang efektifnya sistem pembelajaran dirumah. Meskipun tidak bisa se-efektif ketika bertemu langsung di sekolah. Namun peran teknologi dapat membantu guru untuk memenuhi kewajibannya baik terhadap siswa maupun terhadap keperluan administrasi sekolah. Berikut aplikasi belajar yang dapat di terapkan di lingkungan sekolah.

  1. Zenius

Zenius menyediakan layanan belajar mandiri gratis dalam rangka persiapan Ujian Nasional. Pengguna Zenius bisa mengakses puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi. Aplikasi Zenius bisa diunduh di Play Store maupun App Store.

  1. Sekolahmu

Sekolahmu menyediakan beragam materi ajar yang bisa diakses melalui aplikasi maupun situs resminya. Materi pelajaran yang disediakan telah disusun dengan melibatkan sejumlah instansi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro.

Saat ini, Sekolahmu tengah membuka semua materi pelajarannya secara gratis seiring kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah di tengah wabah corona. Dalam situs Sekolahmu juga terdapat sesi sekolah online gratis dengan format live streaming melalui Youtube, dipandu guru dari berbagai sekolah.

  1. Kelas Pintar

Kelas Pintar memberikan akses gratis selama sebulan untuk guru dan siswa di seluruh Indonesia. Kelas pintar menyediakan beragam materi ajar untuk para siswa. Terdapat juga fitur-fitur lainnya, seperti fitur assesment yang memungkinkan guru untuk berinteraksi dengan murid secara online.

Kemudian, fitur Tanya yang bisa digunakan siswa untuk bertanya kepada guru secara online mengenai materi ajar atau soal. “Kami menambahkan jam operasional fitur Tanya menjadi dua sesi pada pukul 09.00-12.00 dan 18.00-21.00 untuk memaksimalkan proses pembelajaran tetap berlanjut, kapan dan dari manapun,” kata Founder Kelas Pintar Fernando Uffie melalui keterangan persnya.

  1. CLOBAS

Aplikasi belajar kebanyakan berfokus pada sistem pembelajaran antara guru dan siswa. Padahal guru atau pihak sekolah juga memiliki kewajiban dalam mengerjakan administrasi. CLOBAS adalah sistem informasi manajemen sekolah yang memiliki peran penuh dalam membantu aktivitas manajemen sekolah.

CLOBAS sangat cocok sekali diimplementasikan di lingkungan sekolah Anda pada situasi seperti ini. Pasalnya semua aktivitas manajemen dapat dilakukan di rumah. Penggunaan database berbasis Cloud membantu pihak sekolah, siswa dan orang tua dapat mengakses data informasi secara real time dimanapun dan kapanpun. Didukung dengan platform berbasis web dan mobile serta pemodelan aplikasi yang user friendly sehingga siapa saja dapat  dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Leave a Comment