Belajar Matematika bisa menyenankan, begini caranya?

Belajar Matematika

Belajar Matematika menjadi sesuatu hal yang menyeramkan bagi sebagian siswa, bahkan ketika mendengarnya saja membuat mereka takut dan malas sekolah. Padahal mata pelajaran ini sangatlah penting dalam berbagai aspek dan kehidupan. Rasa tidak suka dengan salah satu mata pelajaran akan memicu kebiasaan-kebiasaan yang sangat merugikan bagi anak seperti anak menjadi malas belajar, selalu menghindar ketika mata pelajaran yang tidak di sukai dan anak menjadi suka menyontek ketika ujian mata pelajaran tersebut.

Mengapa belajar matematika begitu menakutkan? Apakah benar belajar matematika tersebut sulit? Orang tua tentu pernah mendengar berbagai keluhan tentang hal ini dari anak. Pada kenyataannya memang dalam belajar matematika tidak cukup hanya menggunakan penalaran akan tetapi memerlukan logika yang cukup rumit. Banyaknya rumus dan metode dalam belajar matematika menjadikan sebagian anak enggan bersentuhan dengan mata pelajaran matematika.

Bagaimana sikap orang tua ketika memiliki anak yang susah sekali belajar matematika. Sering kali kita menemukan orang tua yang salah menyikapi ketika ada anaknya yang kurang menyukai mata pelajaran tertentu hingga mengakibatkan sang anak malas belajar. Orang tua cenderung memberikan tekanan kepada sang anak dan memaksa anak untuk mempelajari mata pelajaran tersebut. Padahal ketika orang tua melakukan hal tersebut akan menyebabkan sang anak menjadi lebih tidak suka dengan pelajaran tersebut. Setiap anak memiliki kelebihan di bidangnya masing-masing. Bisa jadi anak tidak suka belajar matematika karena memiliki hal yang lebih menonjol di bidang lain. Ada anak yang memiliki kecerdasan berbahasa yang baik, ada pula yang memiliki kecerdasan motorik yang baik. Anak yang cerdas secara verbal belum tentu memiliki kecerdasan spasial yang baik. Namun, ada pula yang mampu menguasai keduanya.

Ketika kita sebagai orang tua menyadari alasan kenapa anak kita tidak suka belajar matematika, alangkah baiknya kita tidak memberikan tekanan yang berlebih kepada sang anak. Kita bisa mengenalkan kepada anak metode belajar matematika yang lebih menyenangkan dan mudah diterima kepada sang anak. Banyak cara yang bisa kita ajarkan misalkan melalui video pembelajaran atau game edukasi. Ketika anak sudah memahami dasar dari mata pelajaran matematikan kemungkinan besar untuk mempelajari ke tingkat selanjutnya tidak akan merasa kesusahan.

Comment ( 1 )

  • admin

    Terimakasih

Leave a Comment