Evaluasi pembelajaran di Indonesia, apakah perlu?

Evaluasi pembelajaran

Evaluasi pembelajaran untuk menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas di Indonesia sudah menjadi wacana bertahun-tahun. Padahal bidang pendidikan adalah dasar atau pondasi untuk mewujudkan SDM yang unggul dan berkualitas yang bisa membangun bangsa di masa depan. Sistem yang ada sekarang sudah di anggap kurang efektif untuk mendidik anak zaman sekarang. Karena siswa-siswi yang ada disekolahan cenderung kurang memahami isi dari mata pelajaran dan cenderung sering menghafal.

Selain itu sering kita lihat di zaman sekarang banyak sekali anak muda yang berkepribadian kurang baik. Kegiatan yang merugikan seperti tawuran, balapan motor atau konsumsi narkoba sering kita temui dan rata-rata kebanyakan masih berstatus pelajar. Kegagalan pendidikan karakter yang ada pada siswa-siswi zaman sekarang menjadi alasan yang kuat untuk dilakukannya evaluasi pembelajaran. Tidak hanya sebatas konsep melainkan juga program-program yang bisa membangun karakter, skill maupun kemampuan akademik siswa.

Tidak lama setelah terpilihnya Presiden Republik Indonesia pada tahun 2019. Nadiem Makarim yang berstatus sebagai petinggi salah satu ojek online dipilih sebagai Menteri Pendidikan. Evaluasi pembelajaran adalah salah satu gebrakan yang diberikan oleh Menteri Pendidikan karena melihat sistem pembelajaran yang sendang berjalan dirasa kurang efektif. Bahkan ada wacana kalau Ujian Nasional pada tahun 2021 akan dihapuskan. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, tapi yang pasti sistem pembelajaran yang sedang berjalan memang belum menjadi solusi yang tepat dalam memecahkan permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia.

Tujuan dan kepentingan bangsa sangatlah besar, Sesuai tercantum di Pembukaan UUD 1945 bahwa salah satu tugas utama kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Sistem pembelajaran yang sudah berjalan memang dirasa kurang pas dalam untuk mewujudkan tujuan Bangsa Indonesia. Evaluasi pembelajaran yang di wacanakan oleh Menteri Pendidikan seakan menjadi angin segar dan memberi harapan bagi masyarakat Indonesia. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam membangun Bangsa Indonesia agar lebih maju, langkah realistis yang bisa dilakukan adalah membangun SDM yang berkualitas dengan sistem pembelajaran yang sesuai. Menyiapkan generasi selanjutnya juga tidak kalah penting daripada kepentingan yang lainnya.

Leave a Comment