Komponen Pendidikan Yang Paling Utama

Komponen Pendidikan

Komponen pendidikan yang paling utama – Pendidikan adalah sebuah usaha yang terencana dalam mewujudkan proses pembelajaran yang efektif. Sehingga anak-anak bisa mengembangkan potensi dirinya dalam hala spiritual, penegendalian diri, kepribadian dll. Dalam pengertian diatas terlihat bahwa pendidikan dilaksanakan dengan mewujudkan pembelajaran yang dirancang agar peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki.

Banyak hal yang perlu diperhatikan agar tujuan utama suatu pendidikan bisa tercapai. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah penyusunan konsep, perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi atau penilaian pendidikan. Pendidikan tidak cukup hanya dengan proses pembelajaran saja, namun dibutuhkan sebuah sistem yang terstruktur sehingga pendidikan dapat yang ada di setiap instansi sekolah dapat beraktivitas dan berkelanjutan.

Sistem pendidikan memiliki sebuah komponen-komponen utama yang saling terkait untuk membangun pendidikan agar mencapai tujuan. PH Coombs (1968) menyebutkan bahwa terdapat 12 komponen pendidikan, yaitu:

  1. Tujuan dan prioritas
  2. Peserta didik
  3. Manajemen
  4. Struktur dan jadwal waktu
  5. Isi atau materi
  6. Dosen dan pelaksana
  7. Alat dan sumber belajar
  8. Fasilitas
  9. Teknologi
  10. Pengawasan mutu
  11. Penelitian
  12. Biaya pendidikan

Komponen pendidikan ini semuanya harus terpenuhi dalam pelaksanaan pendidikan. Ketika salah satu tidak terpenuhi maka akan menghambat komponen yang lain. Contoh saja biaya pendidikan, ketika komponen ini tidak ada makan bisa dipastikan hal-hal lain seperti fasilitas, teknologi dan tenaga pengajar tidak akan terpenuhi. Karena hampir semua aspek memerlukan pembiayaan tersendiri. Begitu juga yang lain, apabila ada salah satu komponen yang tidak terpenuhi maka akan berdampak pada komponen yang lain karena antar komponen memang saling berkaitan.

Oleh karena itu, kewajiban memenuhi 12 komponen diatas dalam rangka melaksanakan pendidikan yang baik harus menjadi prioritas yang paling utama. Apalagi dalam penyelenggaraan pendidikan nasional, kementrian pendidikan dan pihak-pihak terkait perlu memperhatikan setiap detail dari komponen-komponen sistem pendidikan diatas dan memastikan agar terpenuhi agar tujuan pendidikan nasional dapat tercapai dengan mudah.

Leave a Comment