Metode Pembelajaran Ini Membuat Anak Didik Anda Lebih Mudah Menerima Materi Pelajaran

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran dalam dunia pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman. Karena kondisi psikologis anak setiap zamannya pasti berbeda. Akan sangat sulit apabila institusi sekolah masih menggunakan metode pembelajaran yang lama untuk di implementasikan ke anak-anak zaman sekarang.

5 METODE PEMBELAJARAN YANG SERING DIGUNAKAN PARA GURU DALAM MEMBERIKAN MATERI PELAJARAN KEPADA ANAK DIDIKNYA

1. Metode pembelajaran untuk memecahkan masalah(problem solving)
Metode pembelajaran dengan cara memecahkan sebuah masalah yang sudah diberikan oleh guru. Metode ini dapat melatih para siswa dalam menghadapi berbagai masalah, baik itu masalah pribadi maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri maupun secara bersama-sama.

2. Metode Debat
Penggunaan metode pembelajaran ini sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan akademik siswa. Guru dapat menentukan topik pembahasan dan membagi kelompok pro dan kelompok kontra. Keterampilan sosial dalam berkolaborasi sangat diperlukan untuk menyelesaikan tugas kelompok. Dari metode ini guru dapat mengevaluasi setiap siswa tentang penguasaan materi dan seberapa efektif siswa tersebut ketika proses debat.

3. Metode student teams
Metode ini bertujuan untuk menimbulkan rasa kepedulian antar teman dan mengurangi resiko intimidasi antar sesama. Metode pembelajaran ini memerlukan kelompok kecil, terdiri dari 4-5 anak dan dibagi secara heterogen berdasarkan kemampuan diri. Dengan cara ini anak akan saling berbagi pengetahuan yang mereka miliki. Interaksi antar sesama anak akan memudahkan anak memahami materi yang disampaikan.

4. Menyampaikan materi dalam bentuk visual
Cara ini sangat simpel namun tetap membutuhkan persiapan sebelum menyampaikan pelajaran ke siswa. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh guru agar membuat materi pelajarannya bisa diterima dengan mudah oleh siswa. Memberikan tayangan video atau dalam bentuk gambar akan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan.

5. Metode team games tournament(TGT)
Belajar sambil bermain bisa menjadi pilihan banyak guru, nyatanya hal ini sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman anak dalam menerima materi. Karena pada dasarnya anak suka berimajinasi dan bermain. Menyelipkan materi pelajaran dalam sebuah permainan akan mengubah suasana belajar anda lebih menyenangkan dan tidak mudah bosan. Sehingga siswa tidak merasa jenuh ketika mengikuti jam pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Leave a Comment