PENDIDIKAN DI INDONESIA MEMERLUKAN PERAN TEKNOLOGI DEMI KEMAJUAN BANGSA

Pendidikan di Indonesia

Tujuan Pendidikan sudah tercantum dengan jelas pada Pembukaan UUD 1945 yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Oleh karena itu dalam mewujudkan tujuan utama pendidikan di Indonesia, kita perlu ikut mendukung trobosan terbaru seperti ikut andilnya teknologi dalam pendidikan di Indonesia.

Demi tercapainya tujuan pendidikan, teknologi dapat memberi alternatif bagi para pengajar agar lebih kreatif dalam menyampaikan pelajaran kepada anak didiknya. Penggunaan teknologi terbukti dapat meningkatkan minat belajar karena memiliki tampilan yang menarik dan pilihan fitur yang dapat mengajak para siswa agar lebih interaktif. Sehingga para siswa akan terasa nyaman dan terhindar dari rasa jenuh dalam melakukan aktifitas belajar di sekolah.

PENTINGNYA PERANAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA

Hampir semua negara memiliki tujuan pendidikan yang sama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena kualitas sumber daya manusia akan mempengaruhi kondisi dalam negara tersebut. Bahkan perbedaan utama antara negara maju dengan negara yang masih berkembang adalah dari segi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologinya.

Kebanyakan negara-negara maju mengalami banyak peningkatan dari segala aspek, hal itu  disebabkan oleh dukungngan sistem informasi yang sudah matang dan mapan. Sebaliknya bagi negara yang masih memiliki sistem informasi yang lemah akan mengalami banyak ketertinggalan dan keterlambatan dalam berbagai aspek terutama dalam ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk multimedia. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi mengambil peran yang sangat besar agar negara tersebut bisa dikatakan sebagai negara maju.

Hal paling sederhana yang bisa di lakukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan bangsa ini adalah melibatkan teknologi dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Langkah sederhana ini akan memberikan dampak yang besar dikemudian hari. Dengan menciptakan budaya  sadar teknologi sejak dini, kedepan negara kita akan memiliki generasi-generasi bangsa yang mampu membawa bangsa ini menjadi negara maju.

Tanggung jawab lembaga sekolah dalam hal ini yaitu menyiapkan siswa agar lebih siap untuk menghadapi perkembangan zaman yang begitu cepat. Oleh karena itu melibatkan teknologi dalam pendidikan di Indonesia menjadi langkah yang sangat tepat untuk dilakukan.

MANFAAT TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

1. Meningkatkan minat belajar

Teknologi memberikan informasi dan pengetahuan yang lebih luas serta akses yang mudah didapatkan sehingga siswa tidak akan kesulitan dalam mendapatkan informasi yang dia belum ketahui. Hal ini sangat membantu bagi siswa ketika mereka mendapatkan kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar.

2. JANGKAUAN INFORMASI LEBIH LUAS

Generasi di era 90’an kebanyakan belum terlalu mengenal apa itu teknologi informasi, kebanyakan dari mereka mendapatkan sebuah informasi hanya dari tulisan yang ada di media cetak seperti buku,koran,majalah dll. Namun di jaman serba modern ini semua informasi dapat diakses hanya dengan satu platform.

3. MATERI PEMBELAJARAN MENJADI LEBIH MENARIK

Pasti sering kita lihat ketika anak merasa jenuh dan bosan ketika guru sedang memberikan materi pelajaran. Hal ini menjadi fakta bahwa anak-anak di zaman sekarang dalam menerima pelajaran tidak cukup dengan metode lama, karena di zaman modern ini anak-anak memiliki daya imajinasi yang tinggi dan lebih menyukai materi yang berbentuk visual dari pada berbentuk tulisan. Dengan teknologi multimedia akan mengemas materi pelajaran menjadi lebih menarik dan mudah diterima oleh para siswa.

4. MEMUDAHKAN AKSES BELAJAR

E-Learning adalah salah satu teknologi yang diciptakan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. Semua kegiatan belajar mengajar akan terintegrasi dalam satu platform seperti Pemberian tugas rumah,absensi kehadiran,penilaian tugas dll.

5. MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR

Peran teknologi memberi pengaruh yang sangat besar bagi siswa. Ada besar kemungkinan dengan adanya teknologi akan menjadikan para siswa memiliki kemampuan lebih. Fakta yang nyata bisa kita lihat adalah sudah banyak anak usia belasan tahun tapi sudah menguasai berbagai bahasa pemrograman, bahkan mampu merusak keamanan sistem yang sudah dibuat oleh orang profesional yang ahli di bidangnya. Kemampuan belajar siswa menjadi tidak terbatas karena semua informasi sudah bisa didapatkan dengan mudah.

Dibalik semua kelebihan dan manfaat penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan, tetap harus ada pengawasan dalam penggunaannya. Karena tidak hanya informasi positif yang bisa di akses oleh siswa, informasi negatif juga bisa diakses dengan mudah

Secara bersama-sama kita dapat mendorong pendidikan ke arah yang lebih baik, memberikan  materi pendidikan berkualitas, menghubungkan guru dan siswa di seluruh Indonesia dan berbagi pengetahuan secara cepat dan tepat kepada orang yang membutuhkannya.

Leave a Comment