Pendidikan karakter untuk penguatan kepribadian anak

Pendidikan karakter

Pendidikan karakter adalah salah satu solusi untuk menghadapi anak-anak yang lahir pada abad ke-21. Beberapa kecenderungan yang dialami sang anak di era global seperti ini, akan membentuk karakter yang kurang baik kepada anak. Setidaknya ada 3 kecenderungan yang di hadapi bangsa ini, di antaranya adalah:

  • Berlangsungnya revolusi industri keempat yang ditandai dengan fenomena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam era revolusi digital.
  • Perubahan peradaban masyarakat yang ditandai dengan berubahnya sendi-sendi kehidupan, kebudayaan, peradaban, dan kemasyarakatan termasuk Pendidikan.
  • Semakin tegasnya fenomena Abad Kreatif yang menempatkan informasi, pengetahuan, kreativitas, inovasi dan jejaring sebagai sumber daya strategis bagi individu, masyarakat, korporasi, dan negara.

Ketiga aspek tersebut yang dapat mengubah beberapa aspek yang lain dan mengubah tatanan yang sudah diatur sebelumnya. Hal ini harus ditanggapi serius oleh yang memiliki wewenang dalam bidang pendidikan. Disinilah peran pendidikan karakter yang sentral dari dunia pendidikan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai kapital intelektual yang mampu beradaptasi dan diharapkan memiliki keunggulan kompetitif di dalam era persaingan global.

Karakter adalah kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan seseorang dalam kesehariannya yang meliputi watak terpuji, akhlak mulia, sikap mental dan budi pekerti yang luhur. Adapun nilai-nilai utama karakter yang menjadi fokus adalah: agama, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Oleh karena itu pentingnya pendidikan karakter yang harus di tanamkan kepada anak sejak dini. Pendidikan karakter akan menjadi pondasi yang akan menjadi tumpuan untuk membangun sikap, keputusan hingga simpati dan empati sang anak.

Peran orang tua menjadi langkah awal dalam pembentukan karakter sang anak, karena ketika masuk sekolah kewajiban guru adalah mengarahkan dan melanjutkan apa yang sudah diberikan oleh orang tua sang anak ketika masih kecil. Tidak selamanya sistem pendidikan akan bisa bertahan, setiap era memiliki karakter dan perilaku yang berbeda-beda. Menerapkan pendidikan karakter di era sekarang adalah langkah yang sangat tepat. Demi mewujudkan kualitas kepribadian anak yang dapat bermanfaat untuk kepentingan pribadi dan bangsa.

Leave a Comment