MANAJEMEN PENDIDIKAN WAJIB ADA INOVASI BARU

manajemen pendidikan

Manajemen pendidikan di indonesia memerlukan sentuhan segar untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda. Seperti banyak orang yang bilang bahwa kita tidak akan pernah mendapatkan hasil yang berbeda apabila yang kita perbuat masih sama. Sistem manajemen pendidikan sangalah penting demi tercapainya tujuan pendidikan di indonesia. Beberapa institusi sekolah juga sadar dan mencoba berinovasi perihal metode pembelajaran yang baik untuk diterapkan ke anak didiknya.

Definisi manajemen adalah proses dalam mengorganisir beberapa hal agar dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu dengan sistem manajemen pendidikan yang baik kita akan menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu bersaing dengan negara-negara maju.

 

Manajemen Pendidikan

Berikut beberapa negara yang memiliki sistem manajemen pendidikan baik

  1. Finlandia
    Finlandia adalah salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan yang sangat unik dan berbeda dengan negara-negara lain. Negara tersebut hanya memberikan 3-4 jam di sekolah, jam pelajaran yang sangat pendek terbukti memberikan hasil yang berbeda. Karena kebanyakan anak diarahkan untuk belajar diluar lingkungan sekolah atau melalui ekstrakurikuler sesuai minat bakatnya. Hal ini membuat anak akan lebih bisa mengembangkan kemampuan mereka.
  1. Jepang
    Sistem manajemen pendidikan berbasis teknologi telah menjadikan jepang menjadi salah satu negara yang tidak pernah kehabisan bahan untuk penelitian ilmiah. Sehingga banyak tokoh besar yang lahir dinegara ini. Selain itu negara jepang juga terkenal memiliki tingkat kedisiplinan yang sangat tinggi. Kedisiplinan sudah diajarkan sejak usia dini, bahkan negara jepang memiliki tingkat kehadiran siswa hingga 99.99%. Para pelajar di jepang juga diajarkan untuk hidup bersih dan rapi bahkan tidak jarang sekolah yang mengarahkan anak didiknya untuk membersihkan ruangan kelasnya sendiri.
  1. Singapura
    Kali ini singapura memiliki sistem pendidikan yang baru. Menurut straitstimes.com, Menteri Pendidikan Singapura Ong Ye Kung pada bulan September (28/9/2018) menyampaikan, “Belajar bukan berkompetisi” sehingga pemerintah berencana melakuakan perubahan terhadap sistem manajemen pendidikan untuk mengurangi kompetisi nilai antar siswa dan lebih mendorong siswa agar lebih berkonsentrasi terhadap pengembangan kemampuan diri mereka sendiri.

 

Leave a Comment